Intel NUC

Intel NUC yang merupakan singkatan dari Next Unit of Computing, adalah pengganti komputer biasa dengan mini pc yang berukurang sangat kecil dan memiliki bentuk sangat sederhana dan praktis. Sebagaimana pc biasa, mini pc ini juga memiliki fungsi dan cara kerja yang sama persis, yaitu untuk mengolah kata, data, dan main game. Meskipun dalam beberapa hal terdapat kekurangan dan keterbatasan.

Berdasarkan sejarah sejak awal launching nya produk NUC yang diprakarsai oleh Intel, mini pc ini kini sudah memiliki delapan generasi. Mulai dari Sandy Bridge yang berbasis CPU Celeron pada generasi pertama, kemudian Ivy Bridge yang berbasis Core i3 dan i5 CPU pada generasi kedua, kemudian Gemini Lake yang berbasis Pentium, lalu Celeron CPU dan Kaby Lake yang berbasis Core i3, i5, dan i7 CPU pada generasi ketujuh dan kedelapan.

Kelebihan dan Kekurangan Intel NUC

  1. Kelebihan
  • Hemat listrik
    Karena bentuknya yang mini, maka produk NUC ini juga sangat terkenal ramah lingkungan, salah satunya adalah tidak boros sumber daya. Tentunya ini membawa keuntungan tersendiri bagi Anda selaku pengguna. Karena tidak perlu memusingkan pengeluaran yang membengkak akibat tagihan listrik, berbeda dengan PC biasa yang membutuhkan daya tinggi.

    Perbandingan mudahnya adalah, minimum daya yang dibutuhkan oleh PC umumnya berkisar di angka 450 watt. Dan perlu dicatat, ini hanya untuk 1 unit saja. Sedangkan NUC hanya membutuhkan daya minimum 60 hingga maksimum 150 watt. Jadi sangat jauh berbeda. Terlebih jika monitor yang digunakan adalah jenis LED, maka bisa lebih hemat lagi.

  • Hemat Tempat
    Menempatkan sebuah komputer di dalam ruangan memang terkesan sangat penuh. Apalagi jika space yang dimiliki cukup kecil, maka akan menimbulkan perasaaan tidak nyaman bagi penggunanya. Oleh karenanya, untuk mensiasati hal tersebut maka bisa menjadikan Intel NUC sebagai alternatif solusi. Karena ukurannya yang kecil memang didesain untuk menghemat tempat.

    Dengan menggunakan produk Intel yang satu ini, maka Anda tidak perlu bingung memikirkan bagaimana caranya supaya ruang kerja bisa terlihat lebih lapang. Dengan size kecil yang bisa dengan mudah diletakkan dimana saja, membuat meja kerja kelihatan lebih rapi dan kegiatan tulis menulis tidak terganggu. Jadi, Anda bisa work in peace.

  • Praktis
    Mengikuti gaya hidup masyarakat modern yang cenderung lebih menyukai hal-hal praktis, NUC memang sangat tepat dijadikan pilihan. Meskipun sebenarnya tidak semua tipe mengusung konsep praktis. Namun untuk seri menengah atas Anda bisa menemukan komputer mini yang super lengkap (keyboard dan juga mouse nirkabel kekinian).
  1. Kekurangan
  • Keterbatasan Device
    Salah satu kekurangan terbesar dari komputer mini adalah keterbatasan dalam device atau perangkat yang ditawarkan. Dimana pengguna tidak memiliki kebebasan untuk menambah, mengubah, atau pun mengganti komponen aslinya. Jadi, ketika seri yang digunakan sudah masuk ke dalam golongan jadul, maka pengguna tidak punya pilihan selain ganti baru lagi.

    Misalnya saja pada RAM yang digunakan, ada beberapa seri komputer mini yang menggunakan modul tertanam sehingga tidak bisa sembarangan atau asal ganti. Namun, sebagai pembeli yang cerdas seharusnya Anda sudah memahami hal ini sejak awal. Karena komputer mini memang hanya worth it untuk digunakan dalam mengerjakan hal-hal ringan.

    Selain itu, untuk kinerja Intel NUC yang bisa dibilang pas-pasan juga harus sangat dimaklumi. Karena pemilihan produk adalah atas keputusan Anda dalam menyesuaikan dengan budget. Sebab dipasaran ada banyak sekali komputer mini dengan spek tinggi, hanya saja harganya juga mahal. Kalau Anda beli yang murah dan kemudian kecewa, maka tidak perlu mengeluh.

Intel NUC

Navigasi pos


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *