perangkat keras komputer

Komputer telah menjadi perangkat yang sering digunakan dalam kehidupan sehari-hari. Setiap bagian perangkat keras komputer membentuk kesatuan yang bisa membantu memudahkan pekerjaan. Berikut ini adalah tinjauan dari komponen komputer di mana beragam bisnis saat ini banyak menggunakannya.

Jenis Komponen Perangkat Keras Komputer

  1. Motherboard

Perangkat keras yang satu ini menjadi kunci utama dalam setiap teknologi. Sebagian besar komponen seperti hard drive, prosesor, memori dan terminal USB terpusat pada bagian motherboard. Hampir semua jenis motherboard pada komputer maupun laptop bisa dipindahkan dan diganti selama jenisnya kompatibel. Misalnya HD yang rusak atau sekadar mengganti HD dengan ruang yang lebih besar.

Jika bentuk seperti motherboard tidak bisa dipindahkan atau diganti dalam sebuah komponen teknologi, nama lainnya adalah mainboard. Mainboard memang mirip seperti motherboard dan umumnya ada pada teknologi seperti televisi, kulkas dan mesin cuci.

  1. Network Card

Network card bisa menjadi card yang terpisah maupun terintegrasi dengan motherboard. Fungsi dari networking card ialah menyediakan cara agar komputer pengguna terhubung dengan jaringan dan internet. Banyak tipe komputer terbaru saat ini yang umumnya komponen network card sudah terintegrasi dengan motherboard.

Berbeda dengan personal komputer, jika anda adalah pengguna laptop maka anda bia menhubungkan laptop dengan jaringan Wi-Fi melalui Wi-Fi card. Wi-Fi card biasanya berada paba bagian luar pinggir dari perangkat. Komputer desktop sayangnya tidak memilikinya sehingga pengguna harus membeli perangkat khusus agar bisa tersambung dengan Wi-Fi.

  1. Graphic card

Graphic card atau yang juga sering disebut video card memiliki dua versi yaitu yang terintegrasi atau ekspansi. Tipe yang terintegrasi sudah tersambung secara langsung dengan motherboard dan ditemukan sebagai bagian dari prosesor. Sementara tipe ekspansi adalah tipe terpisah yang harus disambungkan dengan terminal.

Graphic card berfungsi sebagai penampil grafis dan gambar untuk monitor. Tanpa graphic card, tentu saja komputer menjadi barang tak berguna karena data tidak bisa divisualisasikan.

  1. Prosesor

Prosesor memiliki julukan lain yaitu CPU atau Central Processing Unit. CPU merupakan otak dari komputer itu sendiri. Fungsinya adalah menginstruksi program komputer yang telah tersimpan di dalam memori komputer. Kesepatan prosesor diukur dalam MHz, yaitu tentang seberapa cepat komputer membaca getar listrik.

  1. Hard Drive

Hard drive merupakan tempat di mana program dan file tersimpan. Haard drive yang tradisional disebut dengan HDD atau Hard Disk Drive berupa disk magnetik yang berfungsi menyimpann data. Disk terletak di bawah bagian magnetik yang bisa membaca dan menulis data. HD terbaru disebut dengan SSD atau solid date drives yang bekerja lebih cepat daripada HDD.

  1. Port USB

USB adalah singkatan dari Universal Serial Bus yang berupa kabel dan berfungsi sebagai konektor. Terminal USB adalah bagian standar komputer agar bisa menghubungkan keyboard, mouse, telepon dan lain-lain dengan komputer. Segala sesuatu yang tidak menjadi bagian motherboard dan hanya berupa perangkat terpisah, umumnya tersambung menggunakan terminal USB.

Hebatnya, USB tidak hanya digunakan untuk menggunakan komputer sebagai alat komunikasi saja. Perangkat keras komputer ini bisa mengubah komputer menjadi sumber listrik. Itu sebabnya, pengguna bisa mencas ponsel atau menyambungkan HD eksternal hanya dengan mencolok kabel ke terminal USB. Komputer sekarang umumnya memiliki terminal lebih dari satu.

  1. Monitor

Tanpa monitor, tentu saja komputer menjadi barang yang sama sekali tidak berguna. Ukuran dan tipe monitor sangat beragam, malah versi terbarunya bisa menghubungkan komputer melalui port VGA dan HDMI. Dengan berkembangnya tenologi, perangkat keras komputer ini hanya meenawarkan HDMI untuk memvisualisasikan data dalam resolusi tinggi.

7 Komponen Utama Perangkat Keras Komputer

Navigasi pos


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *